Jumat, 17 Januari 2014


Diblog sebelumnya (davidsetiadi2.blogspot.com) saya pernah posting tentang perbaikan lensa kamera yang AF nya tidak berfungsi. dari postingan tersebut ternyata banyak respon tentang cara membersihkan lensa yang berjamur, bahkan banyak yang meminta untuk membuka jasa membersihkan lensa yang berjamur.
tapi saya belum berencana ke arah sana. :D
Pada dasarnya jamur di lensa SLR itu dikarenakan kondisi cuaca atau tas kamera yang lembab, terkena hujan atau gara-gara keringat yang menempel di kamera dan tidak dibersihkan, untuk jamur yang berada di permukaan luar lensa sangat mudah membersihkannya yaitu hanya dengan membersihkannya dengan tisu khusus kamera atau tisu kering yang permukaannya sangat halus agar tidak menimbulkan goresan di permukaan lensa. (biasanya tisu wajah/muka)
Sedangkan untuk membersihkan lensa yang berjamur di bagian dalam kamera anda harus membongkarnya terlebih dahulu. Proses ini minimal harus punya keberanian dan keterampilan dalam bongkar-membongkar (pasang juga :D).
Ketelitian akan sangat berpengaruh terhadap hasil yang akan didapat, karena jika pada saat pemasangan anda kurang hati-hati banyak kasus lensanya jadi blur atau tidak fokus pada hasil jepretannya.
Berikut adalah langkah-langkah membersihkan jamur di bagian dalam kamera slr, saya hanya mengambil contoh dengan lensa kamera Canon 18-55, mungkin untuk beberapa type dan merk lain akan berbeda tapi pada prinsipnya sama saja.
Jika lensa sudah terbuka dan dibersihkan maka anda bisa menggunakan hairdryer untuk mengeringkan bagian dalam lensa yang lembab agar jamur tidak tumbuh lagi dalam jangka waktu cepat.
tapi jangan terlalu panas karena akan merusak bagian dalam lensa.
untuk lebih jelas lihat video berikut :

2 komentar:

Design by | Blogger Theme by Dave